2009/11/12

Info SEO: Harus Tahu Bagaimana ROBOT Mengindeks

Sumber : http://www.spiderwebiz.com

Info SEO: Harus Tahu Bagaimana ROBOT Mengindeks

Stop dreaming jika Anda tidak tahu bagaimana cara kerja search engine sementara Anda ingin mendapatkan posisi dihalaman pertama hasil pencarian. Hal paling mendasar dalam belajar SEO adalah mengetahui cara kerja search engine.

Info SEO: Bagaimana search engine melakukan indeks?

Search engine menggunakan program yang disebut spider/crawler/robot untuk menilai sebuah website, mengumpulkan dokumen-dokumen web yang relevan dengan keyword, menyusuri teks di dalamnya dan kemudian mengindeks-nya dengan sistem penilian/penyaringan sesuai kriteria masing-masing search
engine lalu menampilkannya sebagai output dalam sebuah halaman hasil pencarian (SERP/Search Engine Result Page).

Search engine seperti google memiliki robot untuk melakukan indeks halaman website, robot untuk gambar, iklan dll. Prinsip sederhanya, search engine menggunakan kemampuan terbaiknya robotnya (dan terus berkembang) untuk mengumpulkan informasi, memberi penilain kemudian menampilkannya, itulah cara bagaimana kustomer menemukan website Anda.


Info SEO - Poin-poin utama:

Search engine khususnya google selalu melakukan pembaharuan dalam robotnya, tak ada seorangpun yang tahu apa rahasia google, jadi jika ada orang yang mengklaim tahu rahasia kode google, itu bohong! Kecuali mereka adalah team pengembang kode robot google…lagian apa google mau rahasianya diketahui kompetitor lain seperti yahoo, dll? Salah satu tips bagi mereka yang ingin memanfaatkan layanan SEO Profesional, tanyakan terlebih dahulu bagaimana mereka mengetahui cara kerja search engine, setidaknya ini memastikan bahwa sang profesional tahu apa yang dilakukannya. Gunakan poin-poin berikut untuk belajar SEO, pahami prinsipnya, lalu praktek:

  • Jika Anda menggunakan domain, peliharalah baik-baik jangan sampai domain Anda expired. Sekali Anda telah berhasil optimasi website Anda maka berarti domain Anda telah memiliki nilai dimata search engine, jadi jagalah domain Anda.
  • Buat konten yang unik, enak dibaca oleh pengunjung. Jangan membanjiri konten dengan keyword, karena ini dianggap spam oleh search engine (LSI/Latent Semantic Indexing). Google mampu mengindentifikasi penggunaan keyword yang berlebihan dalam konten dan akan membuang website dengan kriteria spam dari daftar hasil pencarian. Jadi tulislah konten Anda untuk pengunjung bukan untuk search engine.
  • Update konten Anda secara berkala, inilah alasan google menyukai blog. Konten yang diupdate berkala berarti konsisten membangun konten dan google akan konsisten pula mengunjungi website Anda sehingga memperbesar peluang mendapatkan posisi top 10.
  • Belajarlah selalu menyertakan link yang relevan dalam linkungan internal website Anda. Misal website Anda mengenai belajar internet marketing, maka tiap artikel yang Anda bangun dapat saling terintegrasi dengan saling menghubungkannya dengan memanfaatkan link, misal dalam artikel Anda merujuk halaman lain dalam website Anda, contoh: informasi lebih lanjut mengenai wordpress seo.

Belajar SEO memerlukan konsistensi dan perulangan. Anda harus selalu mengukur konten Anda apakah sudah cukup layak dibaca oleh pengunjung dan membangun konten yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang disukai search engine. Sebagai pelengkan, Anda dapat mendownload ebook Gerilya SEO saya (GRATIS) yang juga membahas strategi SEO, silakan download pada bagian kanan atas halaman ini. Selamat mempelajari SEO

0 komentar: