Oct 13, 2009

Hati-Hati dengan Click Fraud

Berhati-hati dengan click fraud, kecurangan klik dalam link PPC. Click Fraud adalah masalah besar dalam jaringan PPC, dan terjadi karena 2 hal:

1. Competitor/pesaing, pemilik bisnis kadang mengklik iklan yang kedudukannya lebih tinggi dari mereka, dengan maksud mendapatkan posisi lebih tinggi dengan mendepak pesaingnya keluar dari arena – dengan alasan karena kehabisan dana iklan atau menakuti pemilik bisnis sampai akhirnya mereka menurunkan penawarannya.
2. Site scamming the search engine, pemilik situs yang menjalankan AdWord dalam situsnya (melalui program Adsense), atau program distribusi PPC yang sama, terkadang mengklik sendiri iklan di situs mereka dengan maksud meningkatkan pendapatannya. Ini adalah masalah besar untuk kata kunci yang sangat mahal.
Kadang klik ini datang secara manual, orangnya sendiri didepan computer dan mengklik iklan yang ada. Atau menggunakan program khusus untuk mengklik iklan tertentu.

Berapa besarkah kasus click fraud ini? Menuruti beberapa perkiraan, kecurangan terjadi pada kisaran 20 % dari semua klik untuk kategori iklan yang sangat kompetitif. Jadi bagaimana anda menyikapinya?

Pertama, perlu diingat bahwa hanya karena beberapa klik yang mungkin terjadi karena kecurangan, bukan berarti PPC tak dapat menguntungkan. Anda dapat mempertimbangkan kecurangan klik sebagai ongkos bisnis. Mungkin memang benar ada pengunjung sebenarnya yang mengklik iklan tapi tidak membeli bukan berarti mereka tidak berarti. Yang penting adalah perhitungan ROI-nya. Apakah ROI Anda sudah benar?

Tentu saja, di beberapa kasus click fraud menjadi masalah yang serius, sampai tidak bisa begitu saja diabaikan, dan membuat PPC total tidak mendatangkan keuntungan. Jadi bagaimana menghindari bahaya click fraud itu?

1. Mengandalkan search engine, semua search engine mengklaim memiliki departemen antifraud, dan Google beberapa waktu ini menentutan orang-orang yang diklaim melakukan click fraud. Di sisi lain, problemnya sangat besar bagi pemasang iklan PPC untuk hanya mengandalkan search engine.
2. Cek aktifitas diluar kebiasaan pada hit logs Anda, apabila Anda melihat tiba-tiba terjadi lonjakan trafik ke situs datang dari iklan, Anda mungkin menjadi korban dari click fraud.
3. Mempertimbangkan untuk menggunakan detector fraud, apabila Anda memiliki budget PPC yang lebih, Anda harus serius untuk mempertimbangkan menggunakan perangkat deteksi kecurangan, terdapat beberapa macam seperti; ClickDetective, Click Defense, Click Risk, Clicklab, dan WhosClickingWho. Sistem ini akan mengarahkan Anda pada orang yang mengklik iklan Anda berulang kali, beberapa detector fraud mengklaim mampu mengidentifikasi ketika orang mengklik dalam satu atau dua kali seminggu.
4. Jangan menawar untuk kata kunci yang sangat mahal, apabila kata kunci anda adalah $50 per klik, percayalah Anda adalah target utama untuk kecurangan! Apabila Anda harus menggunakan kata kunci ini, Anda harus menggunakan perangkat deteksi kecurangan.

Apabila Anda yakin Anda adalah target utama dari click fraud, hubungi jaringan PPC. Mereka akan mengembalikan uang pokok apabila Anda mendorong cukup keras dan meyakinkan mereka Anda benar-benar telah dicurangi.

0 komentar: