2009/11/09

3 Cara Menghasilkan Uang Secara Online di Internet

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang secara online di Internet. Namun tiga cara yang umumnya dilakukan (sebab memberikan penghasilan yang paling besar) adalah:

Menjual produk sendiri (product creation)

Cara ini agak sulit dilakukan, terlebih bagi Anda yang masih pemula dalam bisnis online ini. Menjual produk sendiri secara online membutuhkan waktu dan biaya yang lumayan besar, serta skill yang cukup.

Anda harus memiliki suatu produk yang akan dijual. Produk ini adalah 'buatan' atau 'milik' Anda sendiri, bukan merupakan 'merek' milik orang lain. Produk ini dapat berupa produk digital (seperti software atau ebook) ataupun produk 'berwujud' lainnya (misalnya perabotan rumah tangga, garmen, barang elektronik).

Contoh dari product creation ini adalah seperti yang saya lakukan di website ini. Klik di sini atau di sini untuk melihat produk-produk digital saya. :-)

Salah satu keunggulan dari cara ini adalah seluruh keuntungan hasil penjualan adalah milik Anda sendiri. Anda tidak perlu membagi keuntungan tersebut dengan pihak ketiga, karena yang terlibat hanyalah Anda (sebagai pihak pertama atau pemilik barang/penjual) dan konsumen Anda (pihak kedua/pembeli). :-)


Memasang iklan (ad) di website atau blog

Cara ini lumayan mudah untuk dilakukan. Saat ini ada banyak program periklanan dengan model paid per click (PPC). Salah satu yang sangat booming saat ini tentu saja program Google AdSense.

Ada banyak alasan yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilihnya. Salah satunya adalah simpel dan gratis. :-)

Untuk berpartisipasi dalam program ini, yang Anda butuhkan adalah sebuah website atau blog. Anda hanya tinggal memasang script iklan dari program Google AdSense tersebut di web atau blog Anda tadi. Jika ada pengunjung web/blog Anda yang meng-klik iklan tersebut, maka Anda sebagai pemilik web/blog akan mendapat komisi dlam bentuk uang! :-)


Menjual produk milik orang lain (affiliate marketing)

Cara ini disebut juga program afiliasi. Secara pribadi saya paling menyukai cara ini untuk menghasilkan uang secara online di Internet...sebab saya bisa mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang tak terbatas, dan karena alasan keunggulan-keunggulan lainnya. :-)

Dalam cara ini Anda menjualkan produk milik pihak lain melalui website atau blog Anda. Jika Anda berhasil menjual produk tersebut maka keuntungan dari hasil penjualannya akan dibagi bersama antara Anda dengan pihak pemilik produk tersebut. Persentase besarnya pembagian telah disepakati bersama antara Anda dengan pemilik produk.

Dalam hal ini, Anda disebut sebagai affiliate dan pihak pemilik produk di sebut merchant.

0 komentar: